Jumat, 17 Januari 2020

Website 4chan Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi Vpn

Balik lagi nih gan di thread ane. Nah seperti biasa ane mau ngulik dikit tentang teknologi, dan yang mau ane bahas adalah website 4chan. buat yang belum tahu, 4chan adalah website berbagi gambar yang cukup diminati tahun 2000an. Ane sendiri tahu 4chan sejak 2010, waktu itu ada temen yang lagi asik buka 4chan.
Website 4chan Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi Vpn? 
Web ini sih gak ada yang aneh, isinya cuma ada gambar anime dan beberapa meme kocak yang menghibur. Yah kalo agan tahu sih kalau website ini katanya tempat terbentuknya organisasi anonymous gitu, saya sih kurang paham soal itu ya.



Nah jadi seminggu yang lalu saat saya mencoba membuka web 4chan, web tersebut tak bisa di akses dengan cara biasa. Web baru bisa di akses saat jika menggunakan aplikasi tambahan yaitu vpn.

Waktu saya ingin membuat sebuah konten gabut untuk mengisi chanel youtube saya, saya mencoba mengulik isi web 4chan. Tapi yang kaget sekaligus heran, kenapa 4chan bisa di akses tanpa bantuan vpn?

Hal itu lah yang membuat saya bingung dan bertanya-tanya, apakah 4chan sudah tidak diblokir lagi? Atau 4chan punya web alternative?

Yah sepertinya ane cukup tertinggal di dalam jagat internet, tapi apakah ane cuma ane yang baru tahu ya?

mungkin 4chan memberikan sebuah akses tanpa perlu login, atau bisa dibilang anonymous. hal tersebutlah yang membuat 4chan diblokir karna sulitnya melacak pelaku kejahatan cyber jika mereka mengakses tanpa data.

Banyak yang beranggapan kalau aksesnya yang bersifat anonymous itu merupakan bentuk dari kebebasan berekspresi didunia maya. Untuk itu lah banyak aktivis internet yang merasa geram saat situs 4chan diblokir.

Tapi disisi lain banyak yang mendukung hal tersebut, mereka beranggapan kalau 4chan terlaru vulgar untuk dikonsumsi publik. Bukan hanya pornografi saja, tapi hal-hal berbau rasis pun bisa kita posting tanpa ada rasa bersalah.

jadi untuk melindungi pengguna internet banyak pihak yang akhirnya memblokir web 4chan. dan dalam perkembangannya 4chan hanya bisa diakses menggunakan alat bantu berupa vpn Agar bisa dibuka. Umumnya para pengguna akan menggunakan vpn berbayar untuk menjaga privasi dalam mengakses 4chan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar